Langkah Memulai Usaha Roti Bakar Lengkap

Membuat usaha pembuatan roti dengan skala rumahan dapat menjadi opsi untuk Anda yang masih mencari usaha yang profitabel. Bisnis rumahan semacam ini masuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlalu besar dan dapat dijalankan pada lokasi dengan space terbatas hanya dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat berjalan mengingat alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya berukuran kecil.

Usaha roti rumahan seperti ini juga dapat dijalankan di berbagai lokasi karena target pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pasti pernah memperhatikan di warung-warung pinggir jalan roti macam ini di jual dengan beraneka ragam rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti di tawarkan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itu merupakan hasil dari produk usaha roti kelas rumahan ini, rata-rata mereka menjual rotinya dengan sistim titip jual, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali jika stok roti di warung nya mulai habis.

Jangkauan pemasarannya tergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti yang di jalankan, jika kemampuan produksi rotinya masih minim biasanya jangkauan pemasarannya hanya disekitar lokasi pembuatannya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sementara untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang sudah berskala lumayan besar, cakupan pemasaran mereka umumnya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti Bakar
Tertarik dengan model usaha seperti ini? Paling awal yang harus Anda persiapkan adalah keahlian atau kemahiran cara membuatnya baik dimiliki sendiri atau pun dengan merekrut orang yang ahli dibidang pembuatan roti.

Kemudian juga mesti di berikan berbagai alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling memakan banyak dana bisnis karena harga tiap mesinnya cukup mahal, diantaranya yang biasa di pakai adalah:

Baca juga  Bisnis Makanan Ringan Menjanjikan
Mixer, yang berguna sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berfungsi untuk melancarkan proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan membagi adonan roti biar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Berbagai macam alat pendukung lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain lain. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenis nya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga jika Anda ingin secara lengkap mempunyai semua mesin produksi roti ini, modal yang harus dipersiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dahulu bersedih jika modal bisnis pembuatan roti rumahan Anda tidak mencapai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/proposal-usaha-roti-bakar-lengkap/

Peluang Menjanjikan Bisnis Es Tebu Ical Jambi

Minuman es tebu mulai menjamur sekarang ini. Kita bisa mencarinya di pelbagai tempat mulai dari emperan jalan sampai tempat perbelanjaan megah seperti department store. Minuman es tebu ini ternyata cukup diminati oleh masyarakat. Mereka yang jeli melihat peluang di pasar ini pun berlomba-lomba dalam menjalankan bisnis es tebu.

Realita akan minat es tebu menjadikan minuman tersebut kini ikut meramaikan kancah bisnis minuman di Indonesia. Penjualan es tebu ini dilakukan mulai dari memakai gerobak sederhana hingga dengan memakai booth modern. Biasanya es tebu ini dijadikan dagangan pelengkap, tetapi, ujung-ujungnya malah menjadi salah satu andalan untuk menghasilkan profit.

Sistem franchise atau kemitraan merupakan model usaha yang umunya dipakai untuk usaha semacam bisnis es tebu ini. Tetapi pengusaha yang memulai dari nol alias dengan merek sendiri pun tidak sedikit. Bahkan, apabila bisnis es tebu kita berhasil, kita malah bisa membangun sistem kemitraan atau franchise sendiri dan menawarkannya kepada orang lain.

Bahan bakunya sendiri, yaitu tebu, begitu gampang ditemukan. Tebu adalah tanaman yang banyak ditanam dan dibudidayakan di berbagai daerah di Nusantara. Ini karena tebu juga merupakan bahan dasar dari pabrik pembuatan gula pasir. Banyaknya stok tebu di pasar ini menjadikan harga bahan dasar ini cenderung stabil dan tidak sukar ditemukan, sehingga membuat bisnis es tebu makin gampang untuk kita memulai menjalankannya.

Memulai bisnis es tebu dapat menjadi pilihan bisnis yang profitable, karena sedang ini sedang menjadi tren. Selain tren, bisnis es tebu mempunyai beberapa kelebihan, yaitu sebagai berikut:

1. Kaya akan Manfaat
Makanan atau minuman alami lebih dipilih masyarakat karena aman dikonsumsi dan memberikan manfaat kepada tubuh. Makanan dan minuman alami ini menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Di mana gaya hidup sehat ini menjadi populer kerana dengan gaya hidup ini kita dapat terhindar dari macam-macam penyakit.

Minuman seperti es tebu ini memiliki itu semua. Ketika panas dan dahaga menyerang, es tebu bisa menghilangkan dan menyegarkannya. Di sisi lain, kita tak perlu takut es tersebut akan mengganggu kesehatan kita. Ini dikarenakan es tebu menggunakan bahan alami dan cara pembuatan yang alami jua. Hal ini berbeda dengan kebanyakan jajanan minuman dingin kaki lima yang sering kita jumpai.

Baca juga  Peluang Menggiurkan Dari Usaha Bumbu Masak
2. Harga yang Murah
Penyebab banyaknya penggemar es tebu salah satunya dikarenakan begitu murahnya harga minuman es tebu. Umumnya harga minuman es tebu di pasar hanya sekitar 4000 sampai 8000. Harga pada angka tersebut cukup bisa dijangkau bagi bermacam-macam segmen konsumen dan tidak begitu memberatkan untuk segelas minuman segar yang menyehatkan.

3. Membutuhkan Modal yang Kecil
Modal yang kecil dan terjangkau merupakan salah satu keunggulan dari bisnis es tebu ini. Mesin pembuat es tebu ini bekerja dengan jalan manual dan bisa dimiliki dengan harga hanya dua sampai dengan empat juta rupiah. Mesin tersebut bisa didapatkan di Ramesia. Tentu tidak cuma dengan mesin pembuat es tebu, tapi untuk menjalankan bisnis ini kita juga memerlukan sebuah gerobak atau booth. Maka jika dijumlah prakiraan seluruh modal awal dalam bisnis es tebu adalah sekitar Rp. 10 juta saja.

Malah biaya bisnis es tebu itu bisa diperkecil lagi dengan perhitungan sederhana seperti berikut:

Mesin Pengolah Tebu = Rp 2.500.000 – 3.000.000
Kursi dan Meja = Rp 400.000
Pisau = Rp 100.000
Gelas kaca 10 = Rp 30.000
Booth atau Gerobak = Rp 2.500.000
Jumlah Modal Awal = 5.530.000 sampai 6.030.000

4. Potensi Profit yang Cukup Menjanjikan
Walaupun modal awal lumayan kecil, bisnis es tebu ini memiliki potensi keuntungan yang sangat lumayan. Kita bisa mencoba memperkirakannya dengan kasar. Misalkan, harga tebu sekitar 5-ribuan rupiah per kilogramnya, agar bisa membuat 5 gelas diperlukan 2 kg tebu. Ini berarti kita hanya memerlukan modal 2000 rupiah saja tiap satu gelasnya. Dari perhitungan tadi bisa kita prakirakan sendiri berapa keuntungan yang bisa kita dapat bila kita memasarkan setiap gelasnya dengan harga 4000 sampai 8000 rupiah.

5. Tak Begitu Rumit dalam Menjalankan Bisnis Ini
Pada saat ini banyak tawaran franchise atau sistem waralaba bisnis es tebu. Hal ini tentu akan sangat memudahkan untuk Anda yang tak mau disulitkan oleh proses pembuatan awal usaha seperti peralatan dan bahan baku. Karena dengan menyetorkan sejumlah modal kita bisa langsung memperoleh satu paket yang sudah siap eksekusi. Atau misalkan Anda ingin memulai mandiri, Anda dapat mendapatkan mesin es tebu dari Ramesia.

1 comment:

Franchise Minuman Coklat Murah

Potensi untuk bisnis franchise kuliner sangat cerah sekali untuk bisa di scale up, alasannya usaha di bidang kuliner adalah usaha yang merup...