Tips dan Cara Membuat Jajanan Gulali Rambut Nenek

Permen gulali merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang sangat terkenal pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, anak-anak lebih suka membeli gulali yang dijajakan oleh pedagang keliling.

Gulali sendiri terdiri dari beraneka macam jenis. Jenis yang paling disukai dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Jenis yang kedua adalah gulali yang dibuat dari gula pasir. Gulali jenis ini lebih terlihat berwarna karena para pedagang biasanya memberikan pewarna makanan sehingga membuatnya lebih menarik.

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak kecil semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini kadang juga bisa ditiup untuk menghasilkan siulan seperti peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mi atau benang sutra.

banyak orang menyebut gulali jenis ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula jawa atau gula merah. Konon, gulali jenis ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang ada saat ini.

Gulali jenis ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa atau gula merah ini juga biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para penjualnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya jadi lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dll., sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Dan bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup sehingga dapat menghasilkan siulan layaknya suara peluit tukang parkir atau satpam.
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali jenis ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa hingga berbentuk mirip seperti mi atau seperti benang sutra.

Baca juga  Resep dan Cara Membuat Kue Waffle Kentang yang Enaknya Nendang
Kebanyakan orang menyebut gulali jenis ini dengan sebutan gulali rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Tiongkok sering menyebut gulali jenis ini dengan sebutan jenggot seekor naga.
Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dari mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, nama mesin ini adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan nama arum manis.

Resep Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

– 500 gram gula jawa yang dihaluskan
– 125 ml air atau secukupnya
– Kacang tanah yang dipotong kecil-kecil
– Tusuk sate
Cara Membuat
1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk-aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu taruh wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, silakan mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik kemudian masukkan ke dalam toples.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

– 1 kg gula pasir
– 1 sdm asam citrun
– 1 sdm pasta pandan atau pasta stroberi
– 1 sdm asam citrun
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas ukuran

Alat-alat

– 1 centong kayu
– 1 sendok makan
– 1 wajan besar

Cara Membuat

1. Pertama masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan tadi kedalam wajan. Aduk sampai merata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang kita inginkan.
4. Lalu masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Terakhir gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Baca juga  Tips Bagaimana Cara Membuat Jus Ginseng yang Benar
Resep Permen Gulali Rambut Nenek

Bahan

– 500 gr gula pasir
– 125 ml air atau secukupnya
– Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
– Minyak goreng
– Tepung terigu secukupnya

Cara Membuat

1. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan dengan merata dan diamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, Anda dapat membuat adonan gulalinya.
3. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam wajan. Setelah itu panaskan menggunakan api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga mulai mengental.
4. Lalu tuangkan adonan tersebut ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonannya hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang cepat.

Resep Permen Gulali Arum Manis

Bahan

– 1 kg gula pasir
– 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
– 1 sdm asam citrun
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Alat-alat

– Persiapkan mesin Cotton Candy Machine untuk membuat gulali arum manis
– Stik kayu/ cone stick untuk menggulung gulali arum manis

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-jajanan-gulali-rambut-nenek/

Tips dan Cara Membuat Gulali dari Tepung

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak kecil semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup untuk menghasilkan bunyi seperti peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat dengan menggunakan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra.

banyak orang menamakan gulali jenis ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan sebuah alat khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat tadi dikumpulkan, maka akan tampak seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih dikenal dengan sebutan arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam gulali yang disebutkan di atas sudah sulit ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Konon katanya, gulali jenis ini adalah cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang ada saat ini.

Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu kecil. Gulali dari gula merah ini biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para penjualnya biasa menambahkan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya menjadi lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukai gulali jenis ini.

Dan bahkan, gulali ini terkadang bisa kita tiup sehingga menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali jenis ini dibuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mie atau seperti benang sutra.

Baca juga  Meraih Keuntungan Tinggi Lewat Peluang Bisnis Keripik Ceker
Kebanyakan orang menyebut gulali jenis ini dengan istilah rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut dari nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang Cina sering menyebut gulali jenis ini dengan sebutan jenggot seekor naga.
Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali jenis ini sering disebut permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan sebutan gulali arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

– 1/2 kg gula jawa yang dihaluskan
– 125 ml air atau secukupnya
– Kacang tanah potong kecil-kecil
– Tusukan sate
Cara Membuat
1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan lalu aduk hingga tercampur dengan rata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu taruh wajan tersebut di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika sudah mengental, silakan celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tadi dengan plastik lalu masukkan ke dalam toples tertutup.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

– 1 kg gula pasir
– 1 sdm asam citrun
– 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
– 1 sdm asam citrun
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Alat-alat

– 1 centong kayu untuk mengaduk gulali
– 1 sendok makan
– 1 wajan ukuran besar

Cara Membuat

1. Masukkan gula pasir, lalu masukkan semua bahan yang telah disiapkan sebelumnya kedalam wajan. Aduk hingga rata menggunakan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti hingga 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetap pelan-pelan diaduk.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.

Baca juga  Cara Menggiling Daging Sapi
Resep Permen Gulali Rambut Nenek

Bahan

– 500 gr gula pasir
– 125 ml air atau secukupnya
– Pewarna makanan sesuai warna yang diinginkan
– Minyak goreng
– Tepung terigu

Cara Membuat

1. Tuang minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya kemudian aduk-aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tadi ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan dengan merata dan diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, Anda dapat membuat adonan gulalinya.
3. Sama seperti di atas, yakni campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam satu wajan. Kemudian panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga adonan mulai mengental.
4. Setelah itu tuangkan adonan tersebut ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonan tersebut hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Pada awalnya mungkin akan terasa tidak mudah namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang singkat.

Resep Permen Gulali Arum Manis

Bahan

– 1 kg gula pasir
– 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
– 1 sdm asam citrun
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas sedang

Alat-alat

– Siapkan Cotton Candy Machine untuk membuat gulali arum manis
– Stik kayu/ cone stick untuk menggulung arum manis

Cara Membuat

1. Pertama campurkan gula dengan pewarna makanan dan aduk-aduk sampai rata.
2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk dipakai.
3. Masukkan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggu beberapa saat hingga keluar serabut-serabut gula halus dari mesin.



No comments:

Post a Comment

Franchise Minuman Coklat Murah

Potensi untuk bisnis franchise kuliner sangat cerah sekali untuk bisa di scale up, alasannya usaha di bidang kuliner adalah usaha yang merup...